Pages

BELAJAR DENGAN ORANG SUKSES APA ORANG GAGAL??ITU PILIHAN

Rabu, 19 Mei 2010 12.32 Diposkan oleh Bintang Kehidupan (All Artikel)



LOUIS TENDEAN : Kunci sukses 95% adalah IMPIAN + SIKAP, sedangkan 5% adalah Teknis. Beliau sempat bergabung dengan beberapa perusahaan MLM, Louis Tendean akhimya memilih dan fokus menjalankan bisnis Tianshi. Kini dia tercatat sebagai 2 Star Diamond Gold Lion, posisi yang paling tinggi untuk Tianshi di Indonesia. USIANYA terbilang masih muda, 31 tahun. Tak heran jika semangatnya terlihat masih menggebu-gebu. Apalagi kalau bicara soal Tianshi, Louis Tendean bisa betah berjam-jam menjelaskan bisnis itu kepada lawan bicaranya atau down line-nya yang ingin tahu Tianshi, termasuk soal rahasia suksesnya.

Trisulo hanya diperkenankan memberi presentasi oleh Louis Tendean selama 5 menit, tapi kini hasilnya sungguh luar biasa. 5 menit tersebut telah memberikan Trisulo dan Louis sebuah villa mewah, pesawat, kapal pesiar (yacht), BMW dan tentu saja bonus ratusan juta rupiah.

SATU PELAJARAN penting yang bisa diambil dari bisnis Tianshi adalah melihat kenyataan bahwa setiap orang mempunyai peluang sama untuk SUKSES.

Tidak peduli anda kaya atau miskin, pintar atau bodoh, latar belakang pendidikan SD, SMA, atau S3; semua sama. Setiap orang harus menempuh jalan yang sama, jalur yang sama, tantangan yang sama, tangga yang sama, hingga akhirnya mencapai puncak sukses.

Terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang konsep apa itu sukses dan bagaimana untuk sukses, yaitu:

1. Mengukur sikap/mental sukses kita

2. Mau melihat sukses orang lain

3. Konsep Cash Flow Kuadran

4. Belajar Investasi

5. Kekuatan Jaringan

6. Belajar memimpin


1. MENGUKUR SIKAP/MENTAL SUKSES KITA

UNTUK menjadi orang sukses, harus mempunyai mental orang sukses. Pertama-tama adalah mengenai impian atau cita-citanya. Orang sukses akan mempunyai impian/cita-cita yang besar, berbeda dengan orang biasa yang hanya mempunyai impian yang sederhana dan mudah diraih. Hal ini penting karena impian/cita-cita tersebut yang menggerakan hidup kita, menyemangati kita untuk maju, memotivasi kita untuk berusaha mengejar impian/cita-cita tersebut. Akan tetapi bila impian/cita-cita tersebut tidak bisa menyemangati kita untuk lebih maju, berarti itu bukan impian/cita-cita melainkan hanya lamunan.

Buka seluas-luasnya pandangan kita ke dunia ini, apa yang kita inginkan atau kebaikan apa yang ingin kita perbuat. Jadikan hal tersebut impian/cita-cita anda dalam hidup ini. Jangan sampai karena kita hanya berkubang di lingkungan kita saja sehingga tidak bisa melihat dunia ini sebenarnya. Seperti halnya ikan yang ada di dalam aquarium tidak akan mempunyai pandangan yang sama luasnya dengan ikan yang ada di dalam samudera.

Sikap sukses kedua adalah Tidak takut gagal. Selama ini di sekolah, di lingkungan kerja, atau keluarga; kita diajarkan supaya tidak pernah gagal tetapi tidak pernah diajarkan cara untuk mengatasi kegagalan. Hal ini yang menyebabkan kita menjadi takut gagal, takut rugi, takut salah, dll; yang pada akhirnya menyebabkan kita memilih diam tetapi tidak pernah gagal daripada berusaha maju dengan resiko gagal.

Intinya di sini adalah bahwa kita mungkin pernah gagal atau mungkin juga dalam usaha kita nanti akan mengalami kegagalan tetapi kita harus bisa bangkit berusaha lagi. Sekarang, semua orang sukses yang namanya terukir dalam sejarah, hidupnya dahulu juga diwarnai oleh kegagalan-kegagalan, tetapi karena sikap Pantang Menyerah mereka, akhirnya mereka bisa Sukses.

2. MAU MELIHAT SUKSES ORANG LAIN

MUNGKIN kita merasa bahwa hidup kita ini sudah cukup sukses, mapan, baik dari segi karier, kekayaan, dan nama baik. Tetapi marilah kita melihat lebih luas di dunia di luar kita, mungkin ada yang lebih sukses daripada kita, lebih baik daripada kita. Bukan kemudian untuk menjadi jealous atau iri hati dengan melihat kesuksesan orang lain, melainkan untuk memacu diri kita sendiri supaya lebih sukses. Dan yang penting supaya kita tidak menjadi katak dalam tempurung.

Kalau memang ternyata terdapat orang lain yang lebih sukses di puncak yang lain, kita harus memberanikan diri untuk turun kembali dan mulai mendaki puncak tersebut mulai dari nol. Karena itu carilah terlebih dahulu puncak gunung yang tertinggi, yang bisa membawa anda ke puncak sukses tertinggi.

3. KONSEP CASHFLOW KUADRAN

ROBERT T KIYOSAKI dalam bukunya “ The Cashflow Quadrant”, membagi orang menjadi 4 menurut dari mana uangnya berasal:

1. Kelompok pertama, Employer, yaitu kelompok orang yang bekerja untuk mendapatkan gaji tiap bulannya. Termasuk dalam kelompok ini adalah guru, pegawai negeri, profesional kantoran, dan pegawai-pegawai perusahaan. Kelompok Employer bila sudah tidak bekerja, tidak akan mendapatkan gaji lagi. Kecenderungan kelompok ini adalah keamanan/kemapanan dari rutinitas gaji perbulan.

2. Kelompok kedua, Self-Employer, yaitu kelompok yang mendapatkan uangnya dari keahliannya seperti dokter, pengacara, konsultan, tukang, dll. Misalnya mereka mempunyai perusahaan, biasanya mereka yang memimpin langsung dan mereka yang paling ahli diantara stafnya, sehingga tanpa mereka usaha/bisnis mereka tidak akan lancar. Artinya, bila mereka tidak menggunakan keahlian mereka maka uang tidak mengalir.

3. Kelompok ketiga, Bisnis, yaitu orang yang mendapatkan uang dari bisnisnya. Bukan lagi mereka kerja untuk uang tetapi uang yang bekerja untuk mereka. Contoh kelompok ini adalah pemilik korporasi, waralaba, dan distributor network marketing. Kelompok ini tidak bekerja untuk mendapatkan uang tetapi karena mereka ingin bekerja, sikap mental ini yang bertolak belakang dengan kelopok Employer.

4. Kelompok keempat, Investor, yaitu orang yang mendapatkan uang dari usaha mereka menanamkan modal mereka dalam berbagai usaha seperti saham, kepemilikan perusahaan, bank, dll.

Dari CASHFLOW QUADRANT ini, yang perlu diperhatikan adalah sikap mental mencari/mendapatkan uang. Yaitu bagaimana seseorang bekerja berdasarkan keputusannya, keinginannya, dan kesadarannya sendiri tanpa dibebani oleh paksaan bekerja karena kebutuhan akan uang. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memasuki KUADRAN BISNIS karena disini sikap mental ini terbentuk. Cara termudah masuk di kuadran ini adalah dengan NETWORK MARKETING.

4. BELAJAR INVESTASI

HARUS DIAKUI bahwa kuadran yang paling mapan adalah INVESTOR dimana kita menggunakan kelebihan uang kita untuk berinvestasi dalam berbagai usaha dan membuat berbagai usaha. Dan ilmu yang harus dipelajari di kuadran ini adalah Cara menggunakan uang seperti orang kaya bukan seperti orang miskin. Maksudnya, kita menggunakan uang kita dengan tepat dan berguna, tidak hanya foya-foya dan hura-hura saja. Kemudian pelajaran untuk mempelajari apakah suatu usaha akan berjalan dengan baik atau tidak sebagai sasaran kita berinvestasi.

Di bisnis Tianshi, bisa kita anggap bahwa belanja produk untuk masuk ke tahap dua (*2) dan tahap tiga (*3), (baca: bintang 2 dan 3) sebagai investasi. Di sini kita mulai belajar bagaimana berinvestasi dan menjalankan investasi tersebut. Dengan produk Tianshi kita menjadi sehat, dan secara finansial akan tercukupi, serta banyak waktu untuk keluarga. Meskipun saat ini kita belum kaya, tetapi sangat bagus pelajaran untuk menggunakan uang seperti orang kaya.

0 Response to "BELAJAR DENGAN ORANG SUKSES APA ORANG GAGAL??ITU PILIHAN"

Poskan Komentar